7 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan yang Harus Anda Waspadai

Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan

Seperti halnya nyeri dada sebelah kiri, nyeri dada sebelah kanan bisa disebabkan oleh banyak hal. Nyeri dada bisa terjadi saat stress yang Anda alami cukup tinggi. Selain itu, nyeri dada bisa memicu pusing, sesak nafas, jantung berdebar, dan lemas. Berikut penyebab nyeri pada dada kanan yang harus Anda waspadai.

1.         Maag atau GERD

Nyeri dada sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh peningkatan asam lambung. Jika tidak ditangani, dapat menyebabkan masalah lain seperti mulas. Sakit maag maupun GERD adalah istilah yang mengacu pada rasa terbakar di perut dan rasa terbakar hingga ke bagian kerongkongan akibat peningkatan jumlah asam di perut.

2.         Otot Dada Tegang

Olahraga atau aktivitas gerakan otot dada yang berlebihan dapat menyebabkan ketegangan. Kram pada otot dada biasa disalah artikan sebagai serangan jantung. Jika Anda menekan rongga dada kanan dan sangat menyakitkan, Anda lebih mungkin mengalami cedera otot daripada jantung.

3.         Stress

Bagi sebagian orang, serangan panik memiliki banyak gejala yang sama dengan serangan jantung, seperti nyeri dada, sesak nafas, dan pusing. Serangan panik dapat disebabkan oleh peristiwa yang membuat stress atau dapat traumatis. Banyak gejala yang mirip dengan serangan jantung, jadi jangan ragu untuk menemui dokter jika Anda tidak yakin dengan gejalanya.

4.         Fraktur Rusuk

Patah tulang rusuk merupakan cedera pada tulang yang melindungi organ dalam dada. Peristiwa ini sangat menyakitkan dan dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak ditangani dengan benar. Fraktur tulang rusuk biasanya disebabkan oleh jatuh atau benturan, tetapi bisa juga disebabkan oleh batuk yang parah. Patah pada sisi kanan dapat menyebabkan rasa sakit sampai bengkak.

5.         Paru-Paru Basah

Pneumonia atau paru-paru basah adalah penyakit pada paru-paru. Ini dapat disebabkan oleh banyak organisme virus, bakteri, dan jamur yang berbeda. Penderita pneumonia sering mengalami nyeri dada saat bernapas atau batuk. Gejala lainnya, seperti demam, menggigil, batuk, dan kehilangan nafsu makan.

6.         Masalah Hati atau Empedu

Hati, kantung empedu, dan pankreas memainkan peran penting dalam sistem pencernaan normal dan memiliki fungsi penting lainnya. Organ ini berada di sudut kanan atas perut. Batu penyakit hati, empedu, dan radang pankreas merupakan beberapa kondisi yang dapat menyebabkan nyeri yang berhubungan dengan sisi kanan dada.

7.         Emboli Paru-Paru

Emboli paru-paru merupakan gumpalan darah yang menyumbat paru-paru. Jika tidak segera diobati, ini bisa mengancam jiwa. Bila terjadi pada paru kanan, dapat menyebabkan nyeri pada dada sebelah kanan. Gejala lain dari emboli paru termasuk sesak napas, napas cepat, dan hemoptisis.

Selain menghindari penyakit, perlu untuk meningkatkan pengetahuan masalah kesehatan sebagai upaya hidup sehat. Orami dapat menjadi sumber online Anda. Terdapat berbagai topik masalah hidup sehat yang bisa Anda baca kapanpun dan dimanapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.