Pengertian dan Penggunaan Deadline atau Dateline yang Benar

deadline atau dateline

Sebagian besar orang pasti pernah menggunakan kalimat “Deadline/Date Line”.

  1. “Aku harus ngejar deadline pekerjaan nih.”
  2. “Aku harus ngejar deadline pekerjaan nih.”

Menurut Anda, diantara kedua kalimat itu mana sih yang benar?

Anda tau gak sih apa arti dari kalimat Deadline atau Date Line. Hayo ngaku kalian bilangnya “Deadline” atau “Date Line” ? Tau gak kalimat yang benar itu seperti apa? Apakah “Deadline” atau “Date Line” ?

Kedua kalimat tersebut memang sangat mirip ketika diucapkan, bahkan saking miripnya banyak orang yang salah dalam penggunaan kalimat tersebut. “Deadline” dan “Date Line” memiliki arti dan fungsi yang berbeda. Banyak orang salah dalam penggunaan kedua kalimat tersebut. Sebenarnya kalimat yang benar itu yang mana sih?

Deadline

Deadline; [noun] #1. A time limit, as for payment of a debt or completion of an assignment (Tenggat waktu, untuk pembayaran utang atau penyelesaian suatu pekerjaan). #2. A boundary line in prison that prisoners can cross only at the risk of being shot (Garis batas di penjara yang hanya bisa dilalui oleh para tahanan resiko ditembak).

Deadline memiliki arti garis mati. Awalnya sih digunakan di dunia pers. Wartawan harus selesai tulisannya sebelum deadline dan diserahkan ke pemimpin redaksi. Tapi sekarang sudah banyak digunakan di bidang pekerjaan lainnya.

Deadline juga bisa diartikan sebagai batas waktu tertentu. Jadi, deadline adalah batas waktu tertentu yang jika gagal akan terkena garis mati hihi…. Nggak ya, itu hanya gurauan saja hihi…

Intinya, deadline adalah batas yang waktu yang sudah tertentu yang sebelumnya sudah ditentukan atau disepakati.

Date Line

Date Line; [noun] A phrase at the beginning of newspaper or magazine article that gives the date and place of its origin (Sebuah frase pada permulaan berita di surat kabar atau majalah yang menerangkan tanggal dan tempat kejadiannya).

Date Line adalah tulisan tanggal di atas berita di media cetak, media elektronik dan surat.

Contoh : Monday, May 12, 2012 adalah date line dari artikel sebuah koran.

Jadi, date line itu adalah tulisan berupa tanggal di atas media cetak, seperti koran atau majalah. Ketika kalian sedang membaca koran, bisa dilihat tuh di sebelah atas, ada yang namanya date line.

Pengertian Deadline

Deadline atau Deadline adalah “time limit” (tenggat waktu) untuk pembayaran utang atau penyelesaian suatu pekerjaan.

Dead memiliki arti mati dan line memiliki arti baris atau garis. Deadline secara arti kata memiliki makna garis mati. Deadline yang diartikan sebagai garis mati ini memiliki arti bahwa waktu yang diberikan sudah tidak berlaku. Arti kata lain, batas waktu yang terlampaui, sudah tidak berlaku bagi suatu pekerjaan atau kegiatan tertentu.

Setiap organisasi pers, seperti media cetak dan media elektronik, memberikan batas waktu bagi wartawan/reporter mereka untuk menyelesaikan pekerjaannya dalam suatu periode dan pekerja tersebut harus menyelesaikan pekerjaannya sebelum tenggat waktu, misalnya jam 00.00 untuk media cetak.

Pengertian Dateline

Dateline atau Deadline adalah keterangan berupa tanggal dan tempat kejadian atau tempat penulisan (line giving date and location) yang dicantumkan di bagian awal naskah berita. Date secara bahasa memiliki arti tanggal dan line memiliki arti baris atau garis. Sehingga dateline diartikan sebagai baris suatu waktu atau tanggal, bukan merupakan batas. Baris waktu atau bisa disebut tenggat waktu berbeda dengan batas waktu.

Penggunaan Kata Deadline

Penggunaan kata deadline biasa dipakai untuk menunjukkan batas waktu yang tidak boleh dilalui untuk suatu pekerjaan atau kegiatan.

Penggunaan Kata Dateline

Penggunaan kata deadline atau dateline ini biasanya digunakan untuk menunjukkan keterangan tanggal dan juga tempat kejadian. Dateline biasa digunakan pada penulisan suatu naskah. Letak penulisan garis waktu ini biasa dituliskan di awal suatu naskah berita. Penulisan suatu media online, dateline terbagi atas date line dan juga place line.

Nah, Itulah pengertian dan penggunaan deadline atau dateline yang benar. Semoga setelah Anda mengetahui penggunaan tersebut lebih berhati hati dalam menggunakan atau mengucapkan kata Deadline atau Dateline, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *